Senin, 28 Desember 2009

Tampan Luar Dalam

Pada suatu hari, Ahnas bin Qais didatangi oleh seorang pemuda dari suku Tha`i. Pemuda itu sangat tampan sekali, hingga Ahnaf bin Qais sangat mengagumi wajah yang dimiliki oleh pemuda yang saat itu duduk dihadapanya, “Pemuda ini sangat tampan. Mungkin ia seorang yang gemar berolah raga, sehingga wajahnya terlihat sehat dan terpelihara. Atau mungkin pemuda ini banyak uangnya, sehingga mampu memelihara diri dengan pakaian dan perhiasan,” kata Ahnaf bin Qais dalam hati.
Karena tak dapat menahan keinginanya, Ahnaf kemudian bertanya kepada pemuda suku Tha`i itu. “Wahai pemuda, apa rahasianya sehingga kau dapat memiliki wajah tampan ini ?” “Resepnya ada 4,” jawab pemuda itu dengan tak terduga. “Apa itu ?” tanya Ahnaf bin Qais ingin tahu. “Pertama, bila orang berbicara padaku, aku mendengarkanya dengan baik. Kedua, bila berjanji, pasti ku tepati. Ketiga, bila diriku diperhitungkan orang, maka ku relakan. Keempat, bila aku dipercaya, aku tak mau menghianatinya.”
Mendengar jawaban itu, Ahnaf bin Qais termenung sejenak. “Inilah tipe pemuda yang tampan luar dan dalamnya,” gumamnya dalam hati, berkomentar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

http://bigbaggio.blogspot.com/

Blog Tricks

Easy Blog Tricks

Great Morning ©  Copyright by PUISI | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks